DAK Bidang Pendidikan Pesawaran Tidak Terlaksana Sesuai Petunjuk Operasional

agungsugenta, 24 Oct 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

PESAWARAN - Akhir bulan Oktober tahun 2019 dimulainya kegiatan pembangunan melalui bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan Dasar (Dinas Pendidikan bidang Sarpras) tahun 2019 di kabupaten Pesawaran, yang dilakukan secara swakelola oleh masing-masing sekolah.

Pembangunan yang dilakukan melalui DAK fisik ini antara lain berupa Ruang Kelas Baru (RKB), Rehabilitasi Ruang Kelas dan Pembangunan Jamban.

Selain fisik, lanjutnya, beberapa sekolah akan mendapatkan bantuan DAK Non Fisik. DAK non fisik ini hanya dialokasikan untuk Pengadaan Komputer, Printer dan Proyektor. Sekitar 7 sekolah mendapatkan bantuan DAK non Fisik.

Namun sangat disayangkan saat diklarifikasi kepala-kepala sekolah yang menerima DAK Fisik, tidak paham ketika ditanya tahapan pelaksanaan, selain itu terdapat beberapa sekolah yang tidak memasang papan informasi.

Pada tahapan pelaksanaan kepala sekolah dengan komite sekolah membetuk panitia pembangunan sekolah, dan panitia pembangunan sekolah bersama fasilitator menyusun dokumen teknis, dan membuat papan nama kegiatan.

Permendikbud No 1 tahun 2019 tentang Petunjuk Operasional DAK Fisik Bidang Pendidikan ditetapkan oleh Mendikbud Muhadjir Effendy pada tanggal 18 Januari 2019, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pendidikan diundangkan dalam Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2019 Nomor 87 oleh Widodo Ekatjahjana, Dirjen Peeraturan Perundang-undangan Kemenkumham pada tanggal 4 Februari 2019 di Jakarta.

Latar belakang diterbitkannya Permendikbud No 1 tahun 2019 tentang Petunjuk Operasional DAK Fisik Bidang Pendidikan adalah untuk melaksanakan ketentuan Pasal 3 ayat (3) Peraturan Presiden Nomor 123 Tahun 2016 tentang Petunjuk Teknis Dana Alokasi Khusus Fisik sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Peraturan Presiden Nomor 141 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden Nomor 123 Tahun 2016 tentang Petunjuk Teknis Dana Alokasi Khusus Fisik, perlu menetapkan petunjuk operasional dana alokasi khusus fisik bidang pendidikan, dan untuk menyesuaikan dengan perkembangan hukum mengenai dana alokasi khusus fisik bidang pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pendidikan ini mengganti/mencabut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2018 tentang Petunjuk Operasional Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Pendidikan (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 426).

Permendikbud No 1 tahun 2019 tentang Petunjuk Operasional DAK Fisik Bidang Pendidikan ini mengatur tentang spesifikasi teknis pada Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Subbidang Pendidikan yang terdiri dari 10 (sepuluh) Lampiran yaitu sebagai berikut:

Lampiran I menjelaskan ketentuan umum spesifikasi teknis;

Lampiran II menjelaskan spesifikasi teknis DAK Fisik Subbidang Pendidikan PAUD;

Lampiran III menjelaskan spesifikasi teknis DAK Fisik Subbidang Pendidikan SD;

Lampiran IV menjelaskan spesifikasi teknis DAK Fisik Subbidang Pendidikan SMP;

Lampiran V menjelaskan spesifikasi teknis DAK Fisik Subbidang Pendidikan SKB;

Lampiran VI menjelaskan spesifikasi teknis DAK Fisik Subbidang Pendidikan SMA;

Lampiran VII menjelaskan spesifikasi teknis DAK Fisik Subbidang Pendidikan SMK;

Lampiran VIII menjelaskan spesifikasi teknis DAK Fisik Subbidang Pendidikan SLB;

Lampiran IX menjelaskan spesifikasi teknis pembangunan ruang pusat sumber pendidikan inklusi; dan

Lampiran X menjelaskan spesifikasi teknis alat tradisional.

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu