Ikatan Alumni Jerman beri Trik Raih Beasiswa di Luar Negeri

WARTAKAMPUS. COM : JAKARTA - Universitas Mercu Buana sebagai salah satu Universitas terbaik di Jakarta terus mendorong mahasiswanya untuk berkesempatan melanjutkan studinya ke perguruan tinggi luar negeri. Kesempatan tersebut dipersiapkan melalui peningkatan kemampuan mahasiswa dalam meraih peluang beasiswa.

“Pengalaman melanjutkan studi ke luar negeri menjadi hal penting bagi mahasiswa. Tidak hanya memperdalam ilmu pengetahuan, juga menambah wawasan dan memperluas networking,” kata Rektor UMB, Dr. Arissetyanto Nugroho, MM. IPU usai menghadiri seminar dan workshop "Raih Ilmu Pengetahuan ke Luar Negeri dengan Gratis" di kampus UMB, Jakarta, Senin (19/Februari/2018)

Harus diakui pula, sambung dia melanjutkan studi ke luar negeri perlu dukungan biaya yang memadai. Terkait itulah mahasiswa perlu mengetahui lebih banyak tentang peluang mendapatkan beasiswa, sekaligus trik memperoleh beasiswa di luar negeri.

Sehubungan dengan itu, Rektor UMB mengajak para alumni Jerman membagikan pengalaman dan pengetahuannya tentang bagaimana cara memperoleh beasiswa ke luar negeri. Pengalaman dan pengetahuan mereka itu perlu banyak diketahui mahasiswa, sehingga dapat secara langsung membuka peluang meraih beasiswa.

“Kemampuan berbahasa Inggris juga jadi perhatian dalam kegiatan ini. Makanya alumni Jerman ini juga berbagi trik bagaimana meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris,” pungkas Rektor UMB ini.

Menariknya lagi, Dr. Arissetyanto Nugroho menegaskan para alumni Jerman juga melatih para dosen untuk penulisan artikel ilmiah. Keterampilan menulis artikel bagi dosen merupakan pintu masuk untuk mendapatkan pula kesempatan kuliah di luar negeri.

Kegiatan ini didukung Ikatan Alumni Jerman (IAJ) dan  Ikatan Alumni Program Habibie (IABEI) yang telah memiliki pengalaman menikmati beasiswa di luar negeri. Sekaligus Ikatan Alumni Jerman menyediakan Pakar Alumni Jerman  yang berkiprah di berbagai negara  melalui P.T. Euro Management Indonesia memberi pelatihan bahasa Inggris yang telah memiliki jaringan di 25 negara.

Acara ini kemudian diteruskan pada Seri ke-2 tertanggal 5 - 6 April 2018 dengan Tema "Menjelajahi Dunia dan Ilmu Pengetahuan dengan Beasiswa" di Auditorium Prof. Harun Zein, Universitas Mercu Buana, Meruya Selatan.  Organizing Committe pada acara ini adalah Prof. Dr. Ing. Ir. Darwin Sebayang sebagai Kepala Pusat Kerja Sama Internasional  dan Inovasi UMB, dengan pembicara Prof. Dr. Mustafa bin Mat Deris dari Universitas Tun Hussein Onn Malaysia, Ir. Siddik Siregar, MM dari PT Wijaya Karya Beton dan Associate Prof Nik Hisyamudin M. Noor dari Pengarah Pusat Inovasi dan Pengkomersilan (ICC UTHM). 

 

(Sumber : Fauzi Nur Iman/Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat UMB dan Agung W, FT UMB)

Berita Terbaru

Index Berita