Apa Itu Vaksin Covid 19

Apa Itu Vaksin Covid 19
Vaksin Covid 19

LAMPUNG - Vaksin adalah produk biologi yang berisi antigen berupa mikroorganisme yang sudah mati atau masih hidup yang dilemahkan, masih utuh atau bagiannya, yang bila diberikan kepada seseorang akan menimbulkan kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit tertentu

Dirangkum dari laman World Health Organization (WHO), vaksin mengandung antigen yang sama dengan antigen yang menyebabkan penyakit.

Namun antigen yang ada di dalam vaksin tersebut sudah dimatikan sehingga pemberian vaksin tidak menyebabkan orang menderita penyakit seperti jika orang tersebut terpapar dengan antigen yang sama secara alamiah.

(sumber: https://kesehatan.kontan.co.id/news/apa-itu-vaksin-dan-bagaimana-cara-kerjanya?page=all)

Secara umum, efek samping yang timbul, pada umumnya ringan dan bersifat sementara, dan tidak selalu ada, bergantung pada kondisi tubuh. Ketika divaksinasi, beberapa efek samping adalah hal normal dan sudah diperkirakan. Ini menandakan bahwa tubuh Anda sedang membangun perlindungan terhadap virus. Efek samping tersebut, meliputi:

Nyeri atau kemerahan di sekitar tempat suntikan

- Demam ringan

- Kelelahan

- Sakit kepala

- Nyeri otot atau sendi

- Mual atau muntah

- Diare

(sumber: Buku Saku #infovaksin Kemenkes dan Tim Advokasi IDI 9 Februari 2021)

Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat pada tanggal 8 Januari 2021, menetapkan bahwa vaksin COVID-19 produksi Sinovac, yang diajukan proses sertifikasinya oleh PT. Bio Farma, adalah SUCI & HALAL.

(sumber: https://covid19.go.id/penanganan-covid-19/vaksin-covid-19-produksi-sinovac-suci-dan-halal)

Vaksinasi imunisasi bertujuan untuk mengurangi penularan COVID-19. Tujuan yang ingin dicapai dengan pemberian vaksin COVID-19 adalah menurunnya angka kesakitan dan angka kematian akibat virus ini.

Selain itu, vaksinasi COVID-19 bertujuan untuk mendorong terbentuknya kekebalan kelompok di Masyarakat (herd immunity). Hal ini penting untuk melindungi Masyarakat dari COVID-19 agar tetap produktif secara social dan ekonomi.

(Sumber: PMK No. 10 Tahun 2021)

Orang yang  telah divaksin akan mengalami gejala klinis yang lebih ringan. Untuk itu menerapkan protokol kesehatan juga masih tetap diperlukan walaupun seseorang telah mendapatkan vaksin.

Vaksinasi Program adalah pelaksanaan Vaksinasi kepada masyarakat yang pendanaannya ditanggung atau dibebankan pada pemerintah. 

Sedangkan Vaksinasi Gotong Royong adalah pelaksanaan Vaksinasi kepada karyawan/karyawati, keluarga dan individu lain terkait dalam keluarga yang pendanaannya ditanggung atau dibebankan pada badan hukum/badan usaha.

Karyawan/karyawati, keluarga dan individu lain terkait dalam keluarga sebagai penerima Vaksin COVID-19 dalam pelayanan Vaksinasi Gotong Royong tidak dipungut bayaran/gratis.

(sumber: PMK No. 10 Tahun 2021)

Vaksin membutuhkan waktu untuk membentuk kekebalan di tubuh. Dengan pemberian vaksin, risiko COVID-19 akan tetap ada walau lebih kecil. Apabila terinfeksi virus, orang yang telah divaksin akan mengalami gejala klinis yang lebih ringan. Untuk itu menerapkan protokol kesehatan juga masih tetap diperlukan walaupun seseorang telah mendapatkan vaksin.

Informasi lebih lanjut terkait vaksinasi COVID-19 dapat diperoleh melalui website pedulilindungi.id, melalui email vaksin@pedulilindungi.id, call/UMB *119# dan Hotline Vaksinasi COVID-19 119 Ext 9.(Agung)

Lampung
Agung Sugenta

Agung Sugenta

Previous Article

Komisi IV DPRD Pesawaran Soroti Bansos Yang...

Next Article

Satuan Lalulintas Polres Pesawaran Sosialisasi...

Related Posts

Jurnalis

Profle

Agung Sugenta

Follow Us

Recommended Posts

Satuan Lalulintas Polres Pesawaran Sosialisasi Larangan Mudik
Dugaan Korupsi Belanja Penggantian Suku Cadang Kendaraan Pemda Way Kanan Dilaporkan KAMPUD
DPW KAMPUD Laporkan Dugaan Korupsi Belanja JKN dan Proyek Pengadaan AC Dinas Kesehatan Way Kanan
Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah ( SAKIP ) Kabupaten Pesawaran Terima Predikat B dari Kemenpan RB
Taufik Basari Ketua DPW NasDem Lampung Kunjungi Lamban Gedung Kuning